Masih Banyak Dokter yang Meragukan Mutu Obat Generik

Jumat, 22/10/2010 18:21 WIB

AN Uyung Pramudiarja – detikHealth

img
foto: Thinkstock

Jakarta, Pemerintah boleh saja mengklaim mutu obat generik tak kalah bagus dari obat bermerek. Namun kenyataannya penggunaannya belum maksimal, salah satunya karena beberapa dokter masih meragukan mutu obat yang dianggap murahan itu.

“Salah satu kendala pemakaian obat generik adalah masih banyak dokter yang meragukan kualitasnya. Untuk itu mutu harus ditingkatkan,” ungkap Dirjen Bina Farmasi dan Alat Kesehatan, Sri Indrawati, Apt dalam evaluasi kinerja 1 tahun Kementerian Kesehatan di gedung Kemenkes, jakarta, Jumat (22/10/2010).

Kesan murahan kadang-kadang muncul justru karena harganya memang sangat murah. Untuk itu dalam setahun ini Kemenkes banyak melakukan rasionalisasi harga, yang menyebabkan harga beberapa jenis obat generik justru mengalami kenaikan.

Awal tahun 2010, obat generik yang mengalami kenaikan harga berjumlah 33 jenis, jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2007 yang hanya 6 jenis. Sebagian besar merupakan obat suntik yang dinilai terlalu murah sehingga tidak banyak industri yang berminat untuk memproduksinya.

Meski banyak yang mengalami kenaikan harga, jenis obat generik yang mengalami penurunan tercatat masih lebih banyak. Tahun ini 106 jenis obat generik telah diturunkan harganya, lebih banyak dibandingkan tahun 2007 yang hanya 61 jenis.

Namun masalah harga dan mutu bukan satu-satunya kendala dalam menggalakkan pemakaian obat generik. Menurut Sri, 30 persen penyakit memang belum bisa diatasi dengan obat generik karena obatnya masih dilindungi paten.

“Obat-obat kanker termasuk jenis obat yang belum banyak tersedia versi generiknya, jadi mau tidak mau masih pakai obat yang mahal,” ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s