Botak Hilang Muncul Impotensi

Jumat, 22/10/2010 10:45 WIB

Vera Farah Bararah – detikHealth

img
(Foto: thinkstock)

Jakarta, Obat finasteride (Propecia) yang digunakan untuk mengatasi kebotakan laki-laki terbukti bisa membuat rambut jadi lebih tebal. Namun setelah botaknya hilang malah muncul impotensi sebagai efeknya.

Berdasarkan hasil analisa yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology diketahui sekitar 1 dari 80 laki-laki yang mengonsumsi obat ini mengalami disfungsi ereksi. Mesipun laki-laki ini juga mengatakan kalau rambutnya kini menjadi lebih tebal.

“Namun sepertinya mereka tidak mungkin berhenti minum obat tersebut, karena seseorang yang menggunakan obat ini benar-benar lebih memilih untuk tetap memiliki rambut,” ujar penulis studi Dr Jose Manuel Mella dari Rumah Sakit Aleman di Buenos Aires, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (22/10/2010).

Obat finasteride diketahui bekerja dengan menghambat enzim yang mengubah testosteron menjadi dihydrotestosteron, yaitu hormon yang bertanggung jawab terhadap kerontokan rambut.

Secara klinis kondisi kebotakan pada laki-laki ini dikenal sebagai androgenetic alopecia yang biasanya terjadi pada usia 50 tahun.

Beberapa studi telah meneliti efektivitas dari finasteride. Obat ini memiliki kecenderungan untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah rambut dari waktu ke waktu selama masa pengobatan. Semakin lama seseorang menggunakannya, maka semakin besar pula efeknya.

“Namun obat ini ternyata dapat meningkatkan risiko efek samping seksual yang mempengaruhi 1 dari 80 laki-laki, karenanya pasien harus membicarakan pilihan pengobatan dengan dokternya,” ungkap Dr Mella.

Sementara itu Dr Matt Leavitt yang ikut terlibat dalam studi ini menuturkan bahwa ia tidak terkejut dengan temuan yang ada.

Seperti diketahui bahwa obat ini bekerja dengan baik pada sebagian besar pasien, untuk itu dibutuhkan dosis yang cukup agar bisa meminimalkan risiko masalah seksual yang mungkin timbul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s