IBUKU (Lanjutan …)

Pagi ini gw antar ibunda ke DOKTER … masih 170 …

Pulangnya nyempetin mampir pasar … ketemu bibi (adik ibu) …

Beliau ini “sedang jatuh” … secara ekonomi …

Sambil pulang ibunda bercerita …

“manusia tuh emang harus selalu ingat bahwa TIDAK ADA YANG ABADI …

Kekayaan … maupun semuanya termasuk orang2 yang kita cintai …

Dulu saat kaya mungkin banyak “teman” mendekat …

Tapi begitu bangkrut maka “semua” meninggalkan…

Dulu si mbah putri ditinggal meninggal oleh mbah kakung saat ibunda masih dalam kandungan …

Dua tahun dititipkan ke buyut … (mbahnya ibu) …

7 tahun “ngenger” di rumah adik Mbah … (Mbah Mat) …

Saat mbah putrid menikah lagi ibu “ngenger” pada ayah tirinya … (om yang menikahi ibunya) …

Mulanya sayang seperti anak sendiri … namun setelah lahir adik tirinya … ibu tersia2 …

Si mbah “sambungan” ini sering bepergian karena profesinya sebagai tukang Pedati …

Adik2 tirinya jahat karena tahu ibu bukanlah kakak kandungnya …

Saat melahirkan adik tirinya yang paling kecil mbah putrid meninggal …

Sebelum meninggal mbah putrid menitipkan ibu pada tetangga (kami memanggilnya bude suyati)

Aku titipkan anakkku ya … kayaknya kok aku mau “lungo” adoh …

“ah yuk … sampeyan iku arep lungo nandi?”

“aku yo rangerti tapi kok rasane aku arep lungo adoh banget … aku nitip Likah …

La wong jek cilik … surenan (sisiran) saja belum bisa”

Gak berselang lama mbah putri meninggal … dan tetangga ini mendekap ibu sambil menangis …

“o alah nduuk … ternyata ibumu sudah tahu kalau akan dipanggilNya …!”

Sejak saat itu bunda menjadi yatim piatu … ‘ngenger’ pada adik2 tirinya …

Yang lebih menjadi “JURAGAN” dari pada sebagai keluarga … usia ibu 15 tahun …

Sampai ada tetangga yang bilang … “anak ini ya bisa jadi orang? La masih kecil sudah mengasuh 3 bayi (masih kecil2)”

Ibu hanya bisa menangis kalau sedang ingat mbah putri … karena “dicoba” sama adik2 tirinya …

BERSAMBUNG …..

Lamongan, Tengah hari yang Mendung 01 Februari 2009

2 thoughts on “IBUKU (Lanjutan …)

  1. Mencari n nemuin ‘yg tulus’ ddunia ini mang ssh ko.
    Smua palsu..,trkontaminasi melamin. Kesejatian n Keabadian..itu cma DIA..(bnr tu kt ibu).

  2. hehehehe .. kok jadi nada “putus asa” gitu esi? … sanatai aja lageeeee … SEMANGAT!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s